Senin, 27 Juni 2011

** INGAT BEBEK **

** INGAT BEBEK **

Ada seorang bocah laki-laki sedang berkunjung ke kakek dan neneknya dipertanian mereka. Dia mendapat sebuah katapel untuk bermain-main di hutan. Dia berlatih dan berlatih tetapi tidak pernah berhasil mengenai sasaran. Dengan kesal dia kembali pulang untuk makan malam.

Pada waktu pulang, dilihatnya bebek peliharaan nen...eknya. Masih dalam keadaan kesal, dibidiknya bebek itu dikepala, matilah si bebek. Dia terperanjat dan sedih. Dengan panik, disembunyikannya bangkai bebek didalam timbunan kayu, dilihatnya ada kakak perempuannya mengawasi. Dara melihat semuanya, tetapi tidak berkata apapun.

Setelah makan, nenek berkata, "Dara, cuci piring."

Tetapi Dara berkata, "Nenek, Jaka berkata bahwa dia ingin membantu didapur, bukankah demikian Jaka?"

Dan Dara berbisik, "Ingat bebek?"

Jadi Jaka mencuci piring.

Kemudian kakek menawarkan bila anak-anak mau pergi memancing, dan nenek berkata, "Maafkan, tetapi aku perlu Dara untuk membantu menyiapkan makanan."

Tetapi Dara tersenyum dan berkata, "Tidak apa-apa, karena Jaka memberitahu kalau ingin membantu."

Kembali dia berbisik, "Ingat bebek?"

Jadi Dara pergi memancing dan Jaka tinggal dirumah.

Setelah beberapa hari Jaka mengerjakan tugas-tugasnya dan juga tugas-tugas Dara, akhirnya dia tidak dapat bertahan lagi.Ditemuinya nenek dan mengaku telah membunuh bebek neneknya dan meminta ampun.

Nenek berlutut dan merangkulnya, katanya, "Sayangku, aku tahu. Tidakkah kau lihat, aku berdiri di jendela dan melihat semuanya. Karena aku mencintaimu, aku memaafkan. Hanya aku heran berapa lama engkau akan membiarkan Dara memanfaatkanmu."
*****

Sahabat BERANDA KITA sekalian, tingkah Dara persis seperti kita lihat dalam keseharian kita. Kita sering memanfaatkan kesalahan orang lain untuk mengeruk keuntungan pribadi. Padahal Allah SWT Yang Maha Tahu melihat di "jendela"-Nya.

Akhir kata mari kita simak untaian kata di bawah ini :

"Aku tidak tahu masa lalumu.
Aku tidak tahu dosa apakah yang dilemparkan musuh ke mukamu.
Tetapi apapun itu, aku ingin memberitahu sesuatu.
Tuhan juga selalu berdiri di jendela.
Dan Dia melihat segalanya.

Dan karena Dia mencintaimu,
Dia akan mengampunimu bila engkau memintanya.
Hanya Dia heran melihat berapa lama engkau membiarkan musuh memperbudakmu.
Hal yang luar biasa adalah Dia tidak hanya mengampuni, ttapi Dia juga tidak mengingat-ingat lagi dosamu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar